SERVIS PARABOLA-SETTING PARABOLA HILANG CHANNEL CIPAYUNG DEPOK

Setting parabola hilang channel


Via Chatt WhatsApp:  0813 8950 9646

Pernahkah Siaran Channel tv anda mengalami blank / no signal ketika anda menonton tv memakai parabola tv satelit ? tulisan NO SIGNAL tersebut mengindikasikan bahwa tidak ada signal yang di terima oleh receiver parabola tv satelit anda yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, lnb mati, kabel putus, connector kendor, berkarat dan lain sebagainya.


SERVIS PARABOLA-SETTING PARABOLA HILANG CHANNEL CIPAYUNG DEPOK


Sinyal Parabola Hilang merupakan sebuah kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang di pancarkan oleh satelit tidak sampai pada perangkat televisi kita. Oleh karena itu, gambar dan suara tidak muncul pada layar tv, alias "ngeblank".


pada umumnya pernah mengalami sinyal hilang, walaupun hanya sesekali. Sebagian kondisi seperti ini tidak membutuhkan penanganan, tinggal di biarkan saja maka sinyal akan muncul kembali.


Namun, ada juga yang perlu di tangani lebih lanjut dengan identifikasi penyebab masalah, agar dapat dilakukan perbaikan secara menyeluruh. Biasanya Anda di rumah langsung panik saat tayangan favorit mereka tiba - tiba hilang tanpa jejak dari layar televisi.


Masih bingung bagaimana cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal? Jangan panik, begini panduannya yang bisa kamu ikuti dengan mudah.


TV parabola tidak ada sinyal memanglah menyebalkan Pada saat yang sama, kamu ingin menikmati tontonan menarik bersama keluarga di rumah Jika parabola atau receiver di rumah tidak ada sinyal, channel akan menghilang atau tampilannya buram.


Beberapa Penyebab yang mungkin terjadi dan mengakibatkan kendala hilang sinyal pada receiver.


1. Parabola Bergeser

Parabola merupakan kompone pertama yang berhubugan langsung dengan sinyal satelit. Fungsi dari parabola adalah untuk menangkap dan memantulkan sinyal frekuensi satelit ke LNB. Posisi disk parabola yang berubah arah dapat berakibat pada tidak sampainya sinyal satelit ke parabola.


Pergeseran arah parabola biasanya disebabkan oleh angin kencang atau hujan. Karena usia parabola yang sudah lama dan kondisi baut dan mur yang sudah lemah dapat dengan mudah terpengaruh oleh tiupan angin yang kencang.


Kendala akibat parabola yang bergeser biasanya ditandai dengan hilangnya indikator kekuatan sinyal pada tampilan informasi sinyal yang diterima receiver. Sementara indikator kualitas masih nampak. Untuk mengatasi kerusakan seperti ini harus dilakukan pointing ulang arah antena parabola. Sehingga kembali mengarah ke satelit dengan tepat.


2. Diseq Rusak

Untuk parabola yang menggunakan lebih dari satu LNB biasanya menggunakan switch sinyal. Fungsi komponen ini adalah untuk mengatur sinyal yang akan dikirim ke receiver parabola. Tanpa adanya komponen ini, pengiriman sinyal parabola yang memiliki lebih dari satu buah LMB tidak akan berjalan dengan baik.


Kondisi switch / diseq yang sudah rusak dapat menyebabkan terhentinya pengiriman sinyal dari antena menuju receiver. Akibatnya receiver KVision menampilkan gejala sinyal hilang Cobalah untuk mengganti switch yang baru bila dicurigai ini yang menjadi penyebab masalah hilangnya sinyal parabola.


3. Kabel Antena Parabola Putus

Putusnya kabel antena bisa disebabkan karena gigitan tikus atau karena kualitas kabel yang kurang baik. Kondisi ini mengakibatkan receiver tidak bisa mendapatkan sinyal dari parabola. Akibatnya tampilan gambar hanya hitam saja.


Kerusakan pada kabel antena dapat diketahui dengan melihat informasi indikator sinyal pada receiver. Pada kerusakan kabel putus, kedua indikator sinyal tidak menunjukkan intensitas sama sekali. Hal ini dikarenakan receiver tidak menerima informasi sinyal dari LNB.


Lakukan pergantian kabel antena dengan yang baru. Pertimbangkan untuk memilih kabel yang memiliki kualitas yang baik agar bisa tahan terhadap cuaca dan gigitan tikus atau hama lainnya.


4. LNB Mati

LNB berfungsi untuk menangkap pantulan sinyal dari disk parabola kemudian mengolahnya sebelum dikirimkan ke receiver. Parabola C band dan Ku band memiliki jenis lnb yang berbeda. Pada LNB C band memilki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan LNB ku band. 


LNB yang rusak bisa juga menjadi penyebab sinyal K Vision hilang. Untuk mengatasinya sobat perlu mengganti LNB dengan yang baru sesuai dengan jenis parabola yang digunakan.


5. Receiver Rusak 

Meskkipun jarang terjadi, gejala kerusdakan hilangnya sinyal satelit pada receiver K Vision bisa disebabkan karena kerusakan pada receivernya. Kerusakan pada receiver bukan hanya terlihat dari receiver yang tidakmau menyala, namun bisa juga karena kegagalan pada sistem hardwarenya. Sehingga meskipun receiver dapat menyala ON namun tidak bisa menerima sinyal dari antena.


Untuk mengetes apakah receivernya sudah rusak, sobat bisa meminjam receiver K Vision milik tetangga. Bila receiver tetangga dapat berfungsi dengan normal pada perangkat anteba parabola sobat, berati bisa dipastikan kerusakan pada receiver K Vision sobat.


6. Pindah Satelit / Ganti Frekuensi

siaran parabola tiba tiba hilang juga bisa disebabkan oleh frekuensi K Vision yang berubah atau pindah satelit. Seperti yang terjadi belum lama ini ketika perpindahan frekuensi dari satelit Palapa D ke satelit Telkom 4. Namun biasanya sebelum dilakukan perpindahan atau pergantian frekuensi satelit akan ada pemberitahuan sebelumnya.


Cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal:

1. Pertama adalah masuk Menu.

2. Lalu pilih pengaturan program, pilih Pengaturan Antena.

3. Pada Pengaturan Antena, pilih satelit Telkom 4 karena semua siaran lokal berada di sana (jika nama satelit masih Telkom 1, rename dengan Telkom 4).

4. Pilih tipe LNB standar, LB Freq 05150, Daya LNB 13/18V, 22K pilih mati, DiSEqC pilih Lnb1 (jika belum bisa coba Lnb2), untuk positiner pilih mati.

5. Jika sudah setting, klik Menu atau Exit.

6. Pada Pengaturan Program, pilih Tambah Saluran.

7. Pilih Satelit Telkom 4 pada keterangan Satelit.

8. Untuk Frequensi Transponder masukkan frekuensi satelit yang akan di-lock (misal Telkom, maka kamu bisa mencarinya di internet dengan kata kunci frekuensi telkom 4 terbaru 2022).

9. Masukkan frekuensi yang kamu pilih (disarankan TV One, maka ketikkan frekuensi TV One terbaru tersebut).

10. Begitu juga isi Symbol Rate TV One dan Polaritas pilih Horizontal, jangan Vertikal.

11. Jika sudah, cek intensitas sinyal dan kualitas sinyal.

12. Kalau keduanya kosong atau tidak ada sinyal, silakan cek konektor di belakang receiver.

13. Pastikan kalau kabel Lnb bagus dan kabel sampai sampai parabola.

14. Namun, jika intensitas dan kualitas sinynal ada, lakukan tracking parabola dengan lurus alias tidak miring.

15. Selanjutnya naik turunkan parabola sampai intensitas dan kualitas sinyal naik.

16. Jika intensitas dan kualitas sinyal sudah bagus, kamu sudah bisa klik OK. Jika belum, terus lakukan tracking.

17. Selanjutnya cek channel dan hanya akan muncul channel TV One, pilih halaman paling bawah.

18. Kemudian Klik Menu lalu Merubah Program dan pilih Hapus Semua, klik OK.

19. Jika sudah, pilih Menu lagi dan Pilih Pengaturan Program, pilih Scan Otomatis.

20. Pilih Telkom 4 dan Klik OK.

21. Tunggu sampai Scan Otomatis selesai.

22. Siaran TV akan seperti semula.


Biasanya ketika bertanya tanya tentang jasa pemasangan parabola, akan muncul juga pertanyaan tentang layanan pemasangan, apakah parabola bisa segera di pasang, ataukah menunggu jadwal antrian pemasangan. Atau anda sendiri yang menentukan kapan parabola TV akan di pasang.


Paket yang di Dapat Jika Anda Membeli Paket Parabola Mini:

1. Nonton TV Satelit Gratis TerLaris dan Paling Di Cari

2. Gambar Kwalitas Tv Satelit

3. Perangkat Hak Milik

4. GRATIS Tanpa Iuran Selamanya

5. Perangkat Hak Milik

6. Gambar Mpeg 4 HD No Semut diJamin

7. Keunggulan Parabola Mini Bebas Iuran

8. Parabola mini 45cm (kecil, hemat dan ngga ribet)

9. Siaran Mpeg 4 HD (Kwalitas Tv satelit, gambar dijamin bagus)

10. Bisa di Pasang di Mana saja


Bahwa mengenai tarif tentu setiap teknisi pasti berbeda. Karena yang diperhitungkan bukan hanya pekerjaan bahwa tetapi ongkos bensin untuk menjangkau ke lokasi atau tujuan ke rumah user juga berpengaruh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.


Kesimpulan

Dari uraian tadi kita dapat mengambil kesimpulan bahwa gejala kerusakan berupa parabola hilang semua bisa disebabkan karena banyak faktor. mulai dari antena tv itu sendiri sampai tiang antena yang mengalah perubahan posisi.


Jadi sebenarnya Tidaklah terlalu sulit untuk mengatasinya karena tidak memerlukan khusus dalam elektronika. Kecuali kurs akan terjadi pada receiver parabola anda miliki. Maka harus oleh tukang servis yang sudah memperbaiki peralatan elektronika Oke sobat kiranya sampai di sini dulu tentang cara mengatasi sinyal hilang pada parabola. Semoga bermanfaat


Tips

Mintalah penyedia layanan televisi untuk melakukan instalasi. Sebagian besar penyedia layanan menawarkan instalasi gratis asalkan Anda membeli paket berlangganan layanan mereka.


Carilah tempat untuk menyembunyikan kabel-kabel di rumah Anda, letakkan furnitur atau dekorasi lainnya di depannya.


Semua alat penerima sinyal antena membutuhkan kabel koaksial terpisah. Anda tidak bisa membelah kabel tersebut sehingga Anda butuh cara untuk menyambungkan kabel tersebut ke TV tambahan yang hendak Anda pakai Jika Anda mengulur kabel koaksial di tanah di luar ruangan, pertimbangkan untuk memasang blok dan kabel grounding untuk melindung kabel tersebut dari listrik statis.


Peringatan

Berhati-hatilah saat memanjat atap untuk memasang antena tv Hindari bahaya jatuh dengan mengenakan tali pengaman dan bekerjalah di hari yang cerah dan hangat.

Posting Komentar

0 Komentar